Akselerasi Guru Besar, IAIN Metro Adakan Pelatihan Jurnal Internasional Dengan Eduprof

0
46

Madani-News.com – Bandar Lampung – Akselerasi guru besar menjadi agenda penting bagi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro. Untuk itu, sejumlah 32 peserta yang terdiri dari Lektor Kepala dan Lektor tampak antusias mengikuti orientasi penulisan artikel jurnal internasional bereputasi, yang merupakan salah satu syarat menjadi Guru Besar tersebut. Agenda ini rencananya akan dihelat selama dua hari (22-23/11), di Hotel Aston, Bandarlampung.

Menggandeng Education for Professional Study (Eduprof), salah satu lembaga publikasi dan penyedia informasi ilmiah tervalidasi berstandar dunia, agenda ini mengusung tema “Bridging research for international publication”, dengan pemateri Dr. Abdul Muqit, M.Ed (M.Pd) dan Dina Anggraini, Ph.D.

Dr. Suhairi, S.Ag, MH Wakil Rektor I sekaligus ketua pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi kepentingan lembaga dan peserta “Bertepuk dua tangan, antara lembaga dan dosen untuk berjuang bersama melahirkan guru besar” pungkasnya. Dikatakan bahwa pilihan IAIN Metro jatuh kepada eduprof dengan harapan lembaga ini dapat membimbing peserta selama satu tahun kedepan, sehingga tahun 2020 akan ada jurnal/artikel yang diterima oleh lembaga jurnal internasional bereputasi. “Kegiatan ini untuk membangun kultur akademik dan mendorong dosen agar giat menulis”, tuturnya.

Dalam kesempatannya, Dr. Abdul Muqit menyampaikan komitmennya untuk membantu membimbing peserta yang hadir sampai jurnal mereka dapat terindeks jurnal internasional bereputasi. Mereka juga bahagia karena IAIN Metro menjadi lembaga pertama di sumatera yang mereka kunjungi untuk membagi ilmu, “akhirnya kita sampai juga ke Sumatera pertama kali, kita akan kasih pedoman dan tips agar yang tadinya rejected menjadi accepted” tuturnya.

Senada dengan Dr. Suhairi, Rektor IAIN Metro, Prof. Dr. Enizar, M.Ag juga berharap adanya keseriusan dari seluruh peserta, sehingga output (red: jurnal) yang dihasilkan mampu menembus jurnal internasional bereputasi, mengingat sudah banyak Doktor di kampus socio-eco-techno preneurship ini. Ia yakin akan banyak lahir guru besar di kampus, “Kami Harap Bapak Abdul Muqid dan Ibu Dina bisa memberikan ilmu sekaligus motivasi kepada peserta, dan peserta semangat untuk bisa mencapai guru besar”, tuturnya menyemangati sekaligus membuka acara secara resmi. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini