Disporapar Kota Metro Akan Adakan Pementesan “Teater Bangsawan”

0
39

Madani-News.com –  Kota Metro – Melalui Dinas Pemuda dan Olahraga dan Pariwisata akan mengadakan Pentas Teater Bangsawan yang akan dilaksanakan di Gedung Nowo Budaya (Rumah Kesenian) pada Tgl 24 Juni 2019, Pukul 19.30 Wib di Kota Metro.
Dalam acara Teater Bangsawan ini akan bertemakan sebuah lako yang berjudul  “Secangkir Sirih” oleh Karya Spn.G.P. Ade Darmawi dan disutadarai oleh Muhammad Reza Akmal.
Maka dengan ini acara pentas Teater akan menceritakan Sebuah Lakon tentang sejarah kerajaan Melaka. Naskah ini merupakan sebuah Kisah Sejarah yang nyata dirangkai dan di dramatisasi sedemikian
rupa sehingga menjadi naskah lakon. Merujuk dari berbagai Referensi seperti sulalatus salatin, sejarah Melayu karangan Raja Ali Haji dan berbagai sumber Lainnya.  Garapan ini berpijak pada Teater Bangsawan yang berkembang di Riau dan Kepulauan Riau. Teater Bangsawan merupakan salah satu bentuk teater tradisi Melayu yang mengetengahkan lakon tentang kehidupan di sekitar kerajaan yang disajikan menurut aturan kebiasaan yang sudah ditentukan. Didalam nya bercerita tentang sekitar istana yang dikenal juga sebagai Istana sentris. Tokoh-tokoh yang hadir seperti sultan/raja, panglima, Datuk bendahara, Mamanda menteri, sampai pada khadam kerajaan bujang selamat dan Mak inang. Dalam teater bangsawan ada  dikenal dengan istilah tablau/tableo yang merupakan perkenalan awal para pemain dengan bernyanyi dan menari serta berpantun. AKTOR
Rahmat Indra (Sultan Muhammad syah), Dezi Syusmita (Tun wati) , Fytra Maulana Akmal ( Raja kasim), Nur Rahmah ( Raja Perempuan), Reza Juanda (Raja Ibrahim) , Hamidunnas ( Raja Rokan) , Supiana Putri (Inang), Annisa Firman Putri (inang), Putri Suci Pertiwi (Inang), Rafela Septriani (Inang), Nur Purwanti (Inang) TIM PRODUKSI, Dwiki Apsyarin (Penata musik), Achmad Junaidi (Penata Artistik), Jenifa Mustika Aslen (Penata Busana), Wahyu Mualli  Bone (Penata Make Up), Nadya Andeska ( Wardrobe) , Nanda Apriadi (pemusik), Aulia Fadliatul Azhar(Pemusik), Fadli Aziz (Pemusik),Imam Aminuddin (Pemusik), Zaidi (pemusik), Farel Alfatta (Pemusik), M. Aldiyansyah (Dokumentasi)
Serta akan dibantu oleh Dewan Kesenian Metro dan Forum Silaturahmi Teater Kota Metro. (Red/Whd/Disporapar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini