HMJ BKI bersama Pusat Konseling Fakultas Dakwah dan LP2M UIN SMH Banten Mengadakan Kegiatan Bakti Konseling Masyarakat

0
53

Madani-News.com – Banten – Sabtu, 8 Februari 2020- Himpunan Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam (HMJ BKI) UIN SMH Banten bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) dan Pusat Konseling Fakultas Dakwah untuk mengadakan kegiatan bakti konseling masyarakat di desa Sajira Mekar, kecamatan Sajira kabupaten Lebak pada tanggal 7 hingga 8 Februari 2020.
Telah diketahui bahwa beberapa tempat di kabupaten Lebak dilanda bencana alam longsor dan banjir yang terjadi pada awal tahun 2020 tepatnya tanggal 1 Januari, salah satunya di desa Sajira Mekar, inilah salah satu alasan diadakannya kegiatan ini di desa Sajira Mekar.
Kegiatan Bakti Konseling Masyarakat ini berlangsung selama dua hari yang diikuti oleh 20 mahasiswa UIN SMH Banten jurusan BKI, dan 4 dosen. Serta ada pula penampilan dari Badut Fino yang menghibur anak-anak sekolah dasar di kampung Sajira Timur.
Ketika ditanya perihal kendala yang terjadi dikegiatan, Agus selaku ketua pelaksana Bakti Konseling Masyarakat menjawab “Dilokasi sangatlah butuh sekali sentuhan trauma healing untuk sedikit menetralisir kesedihan yang dialami oleh masyarakat desa Sajira Mekar dan cuaca yang tidak mendukung juga membuat waktu kami berkurang”.
Dihari pertama kegiatan dimulai dengan konseling door-to-door ke rumah-rumah warga yang terkena banjir lumpur paling parah. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa BKI, bertujuan untuk mengurangi trauma yang dialami masyarakat kampung Sajira Timur. Lalu adapula kegiatan refleksi atau hypnotheraphy untuk warga yang dilakukan beberapa mahasiswa di masjid setempat setelah sholat maghrib.
Dihari kedua kegiatan konseling ditujukan kepada anak-anak SDN 1 Sajira Mekar, dibantu dengan penampilan badut fino dan dino yang menghibur anak-anak agar bisa melupakan kesedihan akan bencana alam yang terjadi.
“Harapan saya pribadi semoga semakin banyak kegiatan kemanusiaan seperti ini, semoga tim mahasiswa selalu mengedepankan kepedulian sosial” Ungkap Pak Arif Roni selaku guru SDN 1 Sajira Mekar.
Kegiatan Bakti Konseling Masyarakat diakhiri dengan evaluasi oleh para dosen dan mahasiswa. Sigit Budiona selaku Ketua dema fakultas Dakwah 2020 mengucapkan selamat atas keberhasilan kegiatan Bakti Konseling Masyarakat ini, dan berharap kegiatan ini selalu berjalan kedepannya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini