Lampung Timur Terapkan Pembinaan Pendidikan Keluarga dan Sekolah Ramah Anak

0
62

Lampung Timur, (titikfocus) РPemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur gelar Pembinaan Pendidikan Keluarga dan Sekolah Ramah Anak untuk Zona 1 di Desa Karya Makmur, Kamis (19/12/2019). Hal tersebut merupakan wujud dari Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia No. 8 tahun 2014 tentang kebijakan Sekolah Ramah Anak.

Pada giat tersebut, turut hadir pula selaku narasumber Drs H. Budi Santoso, M.Si dan Drs. Sukarwin selaku Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Timur. Lalu Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Lampung Timur Sudarman, Kepala Badan Pendapatan Daerah Senen Mustakim, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Rosdi, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakab Lampung Timur, Umar Husni Sanjaya, serta para Camat, Kepala Sekolah, Dewan Guru (Paud, SD, SMP) Zona 1 dan Kepala Desa Karya Makmur Nanang Wahono, seperti dilansir pada madani-news.com .

Diketahui, Zona 1 dalam pembinaan pendidikan keluarga dan sekolah ramah anak tersebut, meliputi Kecamatan Labuhan Maringgai, Melinting, Pasir Sakti dan Bandar Sribhawono itu. Pada kesempatannya, Bupati Kabupaten Lampung Timur, Zaiful Bokhari, menjelaskan bahwa saat ini selain meraih penghargaan sebagai kabupaten peduli HAM, Lampung Timur juga meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak.

“Saya perlu sampaikan pada bapak ibu semua, bahwa Kabupaten Lampung Timur ini telah menerima penghargaan selain Kabupaten Peduli HAM, Lampung Timur juga mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak,” paparnya.

“Mudah-mudahan jika saat ini kita berada ditingkat madya, insyaAllah tahun depan 2020 bisa lebih baik lagi dan naik tingkat, ini harapan saya. Namun ini semua tidak bisa berjalan dengan baik tanpa peran serta kita semua,” tambah pria yang akrab disapa ‘Bang Ipul’ .

Dirinya menerangkan, sejatinya Bupati tidak bisa berbuat apa-apa tanpa adanya peran serta dukungan masyarakat dan para dewan guru. Sebab, apapun yang Bupati lakukan semata-mata hanya untuk Lampung Timur.

“Di pundak bapak, ibu, dewan guru, generasi penerus kita pertaruhkan, oleh karena itu sekali lagi saya ucapkan terimakasih dan semoga bapak ibu selalu diberikan kesehatan, keselamatan, dan dimurahkan rejekinya,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari juga memberikan bantuan, berupa alat tulis dan bahan makanan untuk anak yatim, pada zona 1.

Setelah itu, Zaiful Bokhari melanjutkan tugasnya di Zona 2, yakni Kecamatan Jabung, Waway Karya, Marga Sekampung dan Gunung Pelindung.

Sebagai informasi, Sekolah Ramah Anak tersebut ialah satuan pendidikan formal, nonformal dan informal yang aman, bersih dan sehat. Peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan lainnya, serta mendukung partisipasi anak terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawasan, dan mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak di pendidikan. (red).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini