Manfaat Buah Nanas untuk Berbagai Masalah Rambut

0
45

Madani-News.com – Nanas merupakan salah satu buah daerah tropis yang cukup familiar karena memiliki banyak manfaat. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, fosfor, kalsium, sukrosa, zat besi, mangan, dan enzim bromelain yang sangat baik untuk tubuh.

Sebagai salah satu buah yang tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia, nanas tentu tidak sulit didapatkan. Selain untuk kesehatan tubuh, ternyata buah nanas juga bermanfaat untuk kesehatan rambut.

Jika terlalu sering memakai shampo dan conditioner bisa membuat akar rambut menjadi lemah, menguras nutrisi dan minyak di dalam rambut. Kadar minyak yang terlalu sedikit dapat menyebabkan rambut kering dan rambut patah ataupun bercabang.

Nanas sejak dulu telah dipercaya oleh nenek moyang dalam perawatan rambut. Berikut manfaat nanas untuk kesehatan rambut Anda.

# Mengatasi rambut kering Nanas juga

ternyata bisa mengatasi rambut kering. Rambut kering adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Rambut kering kadang terjadi disebabkan oleh penggunaan minyak rambut atau produk perawatan rambut.

Selain itu, paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan rambut menjadi kering. Rambut kering juga bisa terjadi karena sampo dan kondisioner yang digunakan. Mengonsumsi nanas bisa mengatasi masalah rambut kering dengan menutrisi rambut hingga ke akarnya.

# Membasmi Ketombe Sering

mengonsumsi nanas dapat membasmi ketombe. Ini karena kandungan vitamin B6 dan B1 pada buah nanas yang sangat ampuh membasmi ketombe. Dengan begitu masalah rambut yang terasa gatal dan menyebabkan percaya diri berkurang tidak akan ada lagi.

Selain itu, nanas juga dapat mencegah terjadinya dehidrasi sehingga kulit kepala tidak kering dan selalu segar.

# Menyehatkan kulit kepala Kandungan

bromelain pada nanas sebagai enzim antioksidatif memiliki manfaat untuk melawan berbagai peradanagn pada kulit, seperti jerawat, dermatitis, psoriasis, rosacea, dan eczema. Mengonsumsi nanas akan membantu mengatasi jamur yang menjadi penyebab ketombe. Nanas juga bisa mengatasi infeksi pada kulit kepala yang memicu rontoknya rambut seseorang.

Kandungan vitamin A pada nanas juga bisa menjaga agar rambut tetap lembut dan bersinar. Jadi jika memiliki permasalahan pada kulit kepala, konsumsilah nanas.

# Menebalkan rambut Buah nanas juga

bisa berperan dalam menebalkan rambut. Kandungan konsentratnya mampu menebalkan rambut. Senyawa kimia yang terdapat dalam nanas mampu memperkaya folikel rambut dengan memberikan suplemen penting.

Dengan manfaat nanas yang satu ini, elastisitas dan ketebalan rambut bisa semakin meningkat dan membuat rambut tidak mudah patah maupun rontok.

# Mencegah uban Kandungan enzim

bromelain dan antioksidan yang tinggi pada buah nanas dapat memperlambat penuaan dini dengan cara mencegah tumbuhnya uban. Uban bukan hanya disebabkan oleh faktor usia, namun uban juga dapat tumbuh karena adanya tingkat stress dan faktor keturunan.

Jika ingin memiliki rambut tanpa uban, cukup gunakan masker rambut berbahan dasar nanas.

# Meningkatkan elastisitas rambut Rambut

yang elastis adalah ciri rambut yang kuat dan tidak gampang patah. Orang yang memiliki rambut yang elastis akan mudah jatuh tergurai dan menambah nilai plus pada penampilannya.

Ternyata, untuk menjaga elastisitas rambut sangatlah mudah. Cukup gunakan air endapan rebusan potongan buah nanas sebagai conditioner setelah menggunakan shampo. Gunakan dan diamkan selama kurang lebih 3 menit hingga 5 menit.

# Sebagai anti inflamasi pada kulit kepala

Inflamasi adalah sejenis peradangan yang bisa disebabkan oleh adanya sel yang rusak ataupun virus dan bakteri yang menyerang sistem imun tubuh. Peradangan bisa muncul dengan cara yang beragam. Kadang ditandai dengan kulit yang kemerahan, terasa panas, terasa gatal, nyeri, pembengkakan, dan lain-lain.

Nanas memiliki kandungan antioksidan di dalam air buahnya yang bisa mencegah peradangan. Antioksidan juga berfungsi sebagai pelindung imun dari virus dan bakteri.

# Mempercepat regenerasi atau pertumbuhan rambut

Jika ingin memiliki rambut yang sehat, jagalah nutrisi di rambut dan kulit kepala Anda. Nutrisi yang terpenuhi membantu mencegah terjadinya permasalahan pada rambut.

Nutrisi pada buah nanas menjamin pertumbuhan dan regenerasi helai rambut. Regenerasi rambut berfungsi untuk menumbuhkan helai rambut yang masih dalam keadaan sehat untuk menggantikan rambut yang rusak.

Sumber : Klikhijau.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini