Penandatanganan MoU FEBI IAIN Metro & FSEI IAIN Cirebon

0
517

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi di Kota Metro, IAIN Metro memiliki Visi ‘Menjadi Perguruan Tinggi Agama Islam yang Inovatif dalam sinergi socio-ecotechno-preneurship berlandaskan nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan, dan dalam satu misinya “Membangun budaya akademik yang produktif dan inovatif dalam pengelolaan sumberdaya melalui kajian keilmuan, model pembelajaran, dan penelitian’. Dalam mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro dalam hal ini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Metro melakukan kerjasama dengan salah satu universitas yang ada di Cirebon, yaitu Fakultas Syariah Ekonomi Islam (FSEI) Cirebon

Bertempat di Gedung Rektorat IAIN Metro pada tanggal 8 November 2017, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Metro Dr. Widhiya Ninsiana, M.Hum dan Dekan Fakultas Syariah Ekonomi Islam (FSEI) Cirebon Dr. Aan Jaelani, M. Ag.  menandatangani nota kesepahaman (MoU). Dalam pendantanganan ini disaksikan oleh Dr. Suhairi, S.Ag. M.H., Wakil Rektor II Dr. Mukhtar Hadi, M.S.i, Wakil Rektor III Dr. Ida Umami, M.Pd.Kons., Kepala Biro Drs. Zahdi Taher, M.H.I, Dekan Fakultas Syariah Husnul Fatarib, P.hD. segenap jajaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Dari pihak IAIN Syekh Nur Jati Cirebon disaksikan oleh Wakil Dekan III Dr. Abdul Aziz, M.Ag, dan Kajur dan sekjur HTN IAIN Cirebon.  

Setelah penandatangan tersebut, Wakil Rektor bidang I Dr. Suhairi, S.Ag. MH memberikan sambutan mewakili Rektor, menyatakan bahwa adanya kebersamaan pandangan di antara civitas akademika akan semakin menguatkan sumber daya manusia untuk maju berkembang pada dunia pendidikan  Pada kesempatan tersebut beliau juga memaparkan bahwa sebelumnya, IAIN Metro memiliki 12 Prodi, dan sekarang memiliki 19 Prodi pada Strata I. Prodi baru terdiri dari Prodi Akuntansi Syariah, Prodi Manajemen Haji dan Umrah, Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Prodi Tadris IPS, Biologi, dan Matematika. Dalam terakhir kata sambutan beliau mengatakan berencana akan mengadakan kunjungan balik ke IAIN Syekh IAIN Cirebon.

Sambutan kedua disampaikan oleh Dekan Fakultas Syariah Ekonomi Islam (FSEI) Cirebon Dr. H. Aan Jaelani, M.Ag menyatakan sebagai IAIN yang lebih tua akan tetap meningkatkan tali silahturahmi kepada semua perguruan tinggi di Indonesia, khususnya, IAIN Metro yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang diwujudkn dalam bentuk kunjungan kerja dan penandatanganan  Nota Kesepahaman (MoU). Pada kesempatan ini beliau menyampaikan maksud tujuan kedatangannya ke IAIN Metro khususnya ke FEBI IAIN Metro selain melakukan MoU juga melakukan share langsung keilmuan terkait tata kelola pengembangan lembaga, tata kelola fakultas khususnya pemisahan FEBI dengan Fakultas Syariah yang akan banyak belajar dari IAIN Metro, belajar pengelolaan dan pengembangan bank sampah, serta networking pengabdian dan penelitian.

Agenda kedatangan FSEI Cirebon ke Lampung juga tidak berhenti sampai di IAIN saja, dan melanjutkan perjalanan ke UIN Raden Intan Lampung.

Semoga dengan adanya nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerjasama kedua belah pihak akan terus berkembang pesat dalam konteks peningkatan mutu SDM dan networking penelitian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini