RSUD Sukadana, Warga Lampung Timur Bisa Berobat Gratis Cukup Bawa KTP-KK

0
54

Madani-News.com – Lampung Timur – Pemerintah Kabupaten Lampung Timur akhirnya mengalihkan program berobat gratis tahun 2019 hingga sekarang cukup dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Warga Lampung Timur juga tak perlu bawa kartu BPJS untuk berobat gratis.

Bupati Lampung Timur, Hi. Zaiful Bokhari menyebut masyarakat Lampung Timur yang ingin berobat, cukup pakai KTP dan KK. Kebijakan ini juga berlaku bagi masyarakat yang akan berobat di RSUD Sukadana dan Puskesmas Kecamatan.

“Walau harus dirujuk ke Puskesmas Kecamatan hingga ke RSUD Sukadana, juga bisa. Nanti ada petugas yang kita tunjuk untuk mengurus. Jadi nanti rumah sakit rujukan dapat langsung klaim ke Pemkab Lampung Timur,” kata Hi. Zaiful kepada tim redaksi Madani-News.com, Senin (27/01/2020).

Dikatakan Direktur RSUD Sukadana dr. Wayan Widiyana kebijakan itu sudah mulai berlaku pada saat Bupati Lampung Timur Hi. Zaiful Bokhari di lantik pada bulan Juni Tahun 2019 hingga sekarang yang bisa dinikmati oleh seluruh warga Lampung Timur. Sehingga warga yang sakit tak perlu lagi repot-repot.

Sementara dari keterangan Dinas Kesehatan Lampung Timur dr. Nanang Salman Saleh, Sp.B., setidaknya pada tahun 2019 semenjak Bupati Hi. Zaiful Bokhari membuat dobrakan dengan Program Berobat Gratis hanya menggunakan KTP dan KK yang tidak punya BPJS Kesehatan pada Tahun 2019 hingga pada tahun sekarang ketika ada program berobat gratis warga lampung timur sangat dimudahkan untuk berobat.

Pelayanan Berobat Gratis tersebut, kata dr. Wayan Widiyana selaku Direktur RSUD Sukadana bisa saja meningkat jika dengan program berobat gratis BPJS Kesehatan. Maka bagi warga Lampung Timur (Lamtim) yang sakit dan berobat dipastikan akan ditanggung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur.

“Kalau menggunakan KTP dan KK, cukup bagi yang sakit saja yang kita bayar. Jadi selama ini warga sakit atau tidak, itu kita harus bayar iuran. Tentu lebih baik uang tersebut kita gunakan untuk keperluan lain masyarakat,” katanya.

Tak hanya itu saja, untuk mempermudah warga Pemkab Lamtim sudah buat kesespakatan dengan beberapa rumah sakit dan puskesmas se-Kabupaten Lampung Timur. Baik di RSUD Sukadana, dan Pusekesmas Kecamatan yang bisa dijadikan rujukan. (Adv/Whd/RSUD Sukadana)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini