Soal Virus Corona, Bupati Lamtim Imbau Warga Tidak Panik

Lampung Timur – Pasca dua warga Depok, Jawa Barat, terindikasi terserang virus corona, Bupati Lampung Timur, Hi Zaiful Bokhari menghimbau warganya agar tidak panik dan tetap tenang.

Zaiful Bokhari yang di kenal dengan program unggulannya seperti Berobat gratis, mobil ambulance gratis meminta warganya agar tetap tenang kemudian tidak panik dan terus tingkatkan kewaspadaan dini dengan melakukan upaya antisipasi dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Saya minta warga tidak panik dan tetap tenang, tetapi tetap terus meningkatkan kewaspadaan dini,” kata Zaiful Bokhari, Kamis (05/03/2020).

Zaiful menjelaskan saat ini yang harus dipikirkan adalah perlunya upaya antisipasi dan penanggulangan yang lebih aktif. Selain kewaspadaan dini, kesiap-siagaan juga perlu dilakukan tindakan antisipasi dan pencegahan, respons, deteksi, upaya kesiapan pengobatan, dan lain-lain.

Terkait salah satu warga Lamtim yang sempat diduga terserang virus corona, Zaiful mengatakan dari hasil pemeriksaan medis, rontgen, dan laboratorium, pasien tersebut didiagnosis menderita penyakit TB paru minimal dan demam berdarah dengeu (BDB).

“Karena itu, sekali lagi saya mengimbau seluruh masyarakat Lampung Timur agar tetap tenang tidak perlu panik sambil terus meningkatkan kewaspadaan. Saya juga minta semua informasi tentang kesehatan dan riwayat perjalanan warga yang bepergian apalagi ke atau dari luar negeri supaya dilaporkan kepada petugas kesehatan terdekat,” ujarnya.

Bupati Zaiful juga berbagi tips untuk mencegah penyebaran virus corona satu diantaranya dengan menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari dan menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan makanan kaya protein, seperti ikan, daging, dan telur.

Kemudian tidak lupa mencuci tangan dengan sabun terutama setelah batuk atau bersin, sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah menggunakan toilet atau sarana umum lainnya dan setelah merawat binatang.

“Satu hal lagi, kalau ada warga yang batuk, sebaiknya menutup mulut atau hidung saat bersin atau batuk dengan menggunakan tisu. Kemudian jika sakit dengan gejala demam, batuk, dan pilek, sebaiknya gunakan masker serta segera berobat ke dokter,” pungkasnya. (*)