Warga Wonodadi Antusias Sambut Program Perpanjangan SIM Keliling dari Polres Lampung Selatan.

 

Lampung Selatan, Warga Desa Wonodadi Kecamatan Tanjung Sari, sangat antusias mengikuti pelayanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang diadakan Polres Lampung Selatan di desa-desa di wilayah hukum Polres setempat.

Hasil pantauan awak media, dalam kurun waktu 2 Minggu ini, pelayan perpanjangan SIM khususnya di Kecamatan Tanjung Sari, sudah menyasar dua desa. Sebelumnya, Desa Mulyosari Kecamatan Tanjung Sari tak luput dari pelayanan perpanjangan SIM oleh Polres Lampung Selatan. Kali ini, pelayanan perpanjangan SIM tersebut dibuka di Desa Wonodadi, Kecamatan setempat. Kegiatan tersebut terfokus di halaman Balai Desa Wonodadi, Pada Jum’at (9/9).

Kasat Lantas Polres Lamsel AKP Jonnifer Yolandra, SIK, mengungkapkan tujuan diadakannya pelayanan SIM keliling ke desa-desa itu bertujuan untuk mempermudah warga mengurus perpanjangan SIM.

Menurutnya, dalam dua minggu terakhir pelayanan SIM di Kecamatan Tanjung Sari terbilang cukup ramai, dan di sambut antusiasme warga kecamatan setempat. Untuk itu, tidak menutup kemungkinan kegiatan ini akan diteruskan ke desa lainnya.

” Alhamdulillah, kegiatan pelayanan perpanjangan SIM yang ke dua di Kecamatan Tanjung Sari ini, yaitu di Desa Wonodadi ramai dan disambut antusias warga. Pada minggu lalu, pelayanan di Desa Mulyosari pun sangat ramai, ” Ungkap AKP Jonnifer. 

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Wonodadi, Suparman menyambut baik kegiatan yang dilakukan Polres Lamsel dengan datang langsung ke desanya.

Yang pertama, dengan adanya kegiatan ini, tentunya warga desa sangat terbantu. Dalam arti, untuk perpanjangan SIM tidak usah jauh jauh ke Polres Lamsel, tentunya masyarakat pun dapat meminimalisir anggaran atau ongkos ke kalianda, karena pelayanan dari Polres langsung di Desa, ” Ungkap Suparman.

Ditanya wartawan bagaimana bisa berkoordinasi dengan pihak Polres Lamsel dalam kegiatan pelayanan perpanjangan SIM itu, Suparman mengatakan, ” Awalnya kita berkoordinasi dengan Bhabinkamtibnas kita, Pak Saliman. Bahwasanya beliau menawarkan adanya program pelayanan SIM keliling di desa, kira-kira desa siap atau tidak. Nah saya langsung merespon beliau, saya jawab siap, ” Ujar Suparman. 

Kegiatan pelayanan SIM ini, Lanjut Suparman, ” Selama saya menjabat baru satu kali ini dilaksanakan di desa kami. Nanti, kalau kira-kira masyarakat memberikan masukan kepada saya, bahwasanya warga kami masih banyak yang membutuhkan, kemungkinan akan kita agendakan di bulan-bulan berikutnya atau tahun-tahun berikutnya, ” Kata dia. 

Terakhir pihaknya mengatakan,” Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan dari Polres Lampung Selatan ini masyarakat dapat tertib lalulintas. Karena dengan adanya tertib administrasi berupa SIM masyarakat tidak akan melanggar peraturan lalulintas, ” Ujarnya. 

Sementara Tri Sutrisno warga desa setempat, yang mengikuti pelayanan perpanjangan SIM menyebutkan bahwa pihaknya berharap Polres Lamsel tetap mengadakan kegiatan seperti ini, karena warga masyarakat sangat terbantu dengan giat dari Polres Lamsel ini.

” Kami puas dengan pelayanan Polres Lamsel ini Bang, kalau timnya datang seperti ini, kami sangat terbantu. Sebab Polres kan jauh ya, di Kalianda sana, ketika pelaksanaan kegiatan di desa, ongkos jadi sangat ringan, selain itu bisa juga bertanya tanya langsung soal SIM. Nah saat ini SIM saya sudah diperpanjang, tidak takut lagi di tilang soalnya sudah ada SIM yang aktif, ” Ungkap Tri kepada wartawan. (ARF).